>

Cara memperbaiki HP basah terkena air




Musuh utama dari kebanyakan barang elektronik adalah air. Masalah gadget rusak seperti ponsel basah terkena air bukanlah suatu hal langka bahkan bisa terjadi kepada siapa pun.

Meskipun sebagian para pengguna gadget tidak pernah membawa ponsel mereka ke pantai atau kolam renang, setidaknya bisa saja ia tak sengaja terjebak hujat lebat di tengah jalan tentu saja ponsel tidak tertutup kemungkinan terkena banyak cipratan air hujan.

Apesnya ketika ponsel sudah basah dan tidak bisa dinyalakan, tidak perlu khawatir dan tak perlu buru-buru ke tukang service center untuk memperbaikinya. Perlu diingat jangan menjemur hp yang sedang basah tersebut karena dapat mengakibatkan kerusakan pada setiap komponen-kompenen tertentu.

Lantas harus bagaimana? Tenang fajar akan membagi-bagikan tipsnya sebagaimana telah dilansir dan dikutip dari laman helo money, seperti dibawah ini:


Matikan ponsel dan mulai keringkan

Jika ponsel kamu terendam air, segera ambil dan matikan ponsel tersebut. Kalau kasusnya kehujanan atau kecipratan, cepat lap sekadarnya dan amankan di tempat kering. Makin lama ponsel terendam, makin tinggi pula kemungkinan seluruh komponen ponsel terkena air dan akan makin susah untuk dikeringkan.
Copot seluruh komponen

Setelah ponsel mati dan dilap sekadarnya, saatnya untuk melepas seluruh komponen ponsel yang bisa dicopot. Cabut baterai (jika bisa), kartu SIM, kartu memori, casing, dan sebagainya. Usap masing-masing komponen dengan handuk kering sekadarnya.

Siapkan beras untuk merendam ponsel

Kamu tak perlu menjemur seluruh komponen untuk mengeringkan total. Ambil beras secukupnya (misalnya sebanyak volume toples kecil) untuk mengubur seluruh komponen ponsel.

Mulai isi daya baterai ponsel

Setelah 12 jam, ambil toples dan keluarkan seluruh komponen ponsel. Gabungkan semua komponen termasuk baterai, namun jangan langsung dinyalakan. Isi dulu daya baterai ponsel kamu hingga penuh.

Hidupkan dan periksa fungsi-fungsi ponsel

Setelah baterai penuh, barulah kamu mulai hidupkan ponsel. Periksa berbagai fitur ponsel, termasuk suara dan kinerja aplikasi. Cara ini umumnya berhasil mengembalikan ponsel yang terendam air, namun jika tetap rusak, mau tidak mau kalian harus membawa ponsel ke service center.

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
WINMAHDI.COM
admin
24 Desember 2016 pukul 23.51 ×

Ini yang sering saya alami, tapi untungnya masih bisa di atasi :D

Congrats bro WINMAHDI.COM you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Tata Cara Berkomentar yang baik dan Benar

~ Gunakanlah bahasa yang baik & sopan
~ Dilarang membuat komentar SPAM (tidak berguna)
~ Dilarang menyertakan link aktif
~ Dilarang saling ejek atau ribut sesama blogger


ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment
loading...